Menjelaskan Objek dan Permasalahan Biologi
A. Hakikat Biologi Sebagai Ilmu
Biologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan. Objek dan
permasalahan biologi adalah makhluk hidup serta kehidupannya dan faktor-faktor
pendukung kehidupannya. Menurut perkembangan terakhir, makhluk hidup dibagi
menjadi enam kingdom yaitu: Animalia, Plantae, Protista, Fungi, Archaebacteria
dan Eubacteria. Ilmu biologi mempelajari makhluk hidup dari yang sederhana
hingga kompleks contohnya adalah biosfer. Sehingga, dalam mempelajari biologi
sebagai ilmu, objek dan permasalahan biologi mencakup keseluruhan makhluk hidup
dan berbagai tingkatan organisasi kehidupan. Berdasarkan tingkat organisasi
makhluk hidup, dapat diurutkan sebagai berikut:
1. Tingkat molekul: Partikel-partikel penyusun sel
makhluk hidup.
2. Tingkat sel: Sel merupakan unit kehidupan terkecil
dari makhluk hidup.
3. Tingkat jaringan: Jaringan adalah kumpulan sel yang
mempunyai bentuk dan fungsi yang sama.
4. Tingkat organ: Organ adalah kumpulan jaringan yang
mempunyai suatu fungsi tertentu.
5. Tingkat sistem organ: Sistem organ adalah kumpulan organ
yang menjalankan suatu fungsi tertentu.
6. Tingkat individu: Individu adalah organisme tunggal.
7. Tingkat populasi: Populasi adalah kumpulan individu
yang menempati suatu daerah.
8. Tingkat komunitas: Kumpulan populasi dari berbagai
spesies yang saling berinteraksi dalam suatu habitat.
9. Tingkat ekosistem: Ekosistem adalah interaksi antara
populasi penyusun komunitas dengan lingkungan biotiknya.
10. Tingkat bioma: Bioma adalah sekelompok dari tumbuhan
dan hewan yang tinggal di daerah tertentu.
11. Tingkat biosfer: biosfer adalah berbagai ekosistem
yang ada di bumi.
Berdasarkan tingkatan taksonominya makhluk hidup
dikelompokkan dari kelompok paling kecil ke yang paling besar. Berikut adalah
urutan taksonomi dari paling kecil hingga besar: Jenis (spesies) à Marga (genus) à Suku (familia) à Bangsa (ordo) à Kelas (class) à Filum (phylum) à Kerajaan (Kingdom).
B. Metode Ilmiah
Mempelajari biologi sama dengan ilmu lainnya yaitu
berawal dari fakta-fakta yang ada kemudian ditarik kesimpulan berdasarkan alur
yang jelas yakni melalui metode ilmiah. Metode ilmiah meliputi:
1. Perumusan masalah (mengetahui masalah yang akan
dipecahkan)
2. Merumuskan hipotesis (dugaan semntara terhadap
permasalahan)
3.Melaksanakan penelitian (melalui eksperimen untuk
membuktikan hipotesis)
4. Mengelola data (Data yang telah ada di analisis
kembali)
5. Menarik kesimpulan (menentukan apakah hipotesis
tersebut diterima atau ditolak)
C. Cabang-cabang Ilmu Biologi
Ilmu biologi semakin lama semakin berkembang, hingga saat
ini sudah banyak muncul cabang-cabang dari ilmu biologi yaitu:
1. Morfologi: Ilmu yang mempelajari bentuk luar tubuh.
2. Anatomi: Ilmu yang mengkaji bagian-bagian dalam tubuh.
3. Histologi: Ilmu yang mempelajari jaringan.
4. Fisiologi: Ilmu yang mempelajari proses kerja tubuh.
5. Genetika: Ilmu yang mempelajari pewarisan sifat.
6. Embriologi: Ilmu yang memeplajari perkembangan embrio
(dari zigot sampai organisme).
7. Ekologi: Ilmu yang mengkaji interaksi makhluk hidup
dengan lingkungannya.
8. Evolusi: Perkembangan makhluk hidup dari masa lampau
hingga masa kini (dari sederhana sampai
kompleks).
9. Entomologi: Mempelajari serangga dan kehidupannya.
10. Mikrobiologi: Ilmu yang mempelajari mikroorganisme
dan kehidupannya.
11. Zoologi: Ilmu yang mempelajari hewan.
12. Virologi: Ilmu yang mempelajari virus dan
karakteristiknya.
13. Teratologi: Mempelajari tentang cacat perkembangan
pada embrio.
14. Patologi: Mempelajari penyakit dan dampaknya pada
kehidupan.
15. Botani: Mempelajari tentang tumbuh-tumbuhan.
Latihan Soal
1. Harimau India diberi nama ilmiah Panthera tigris sp. Tigris.
Kata “tigris” pada nama tersebut menunjukkan nama... (Soal SNMPTN)
A. Subgenus dan subspesies
B. Spesies dan subspesies
C. Subgenus dan spesies
D. Subgenus dan subspesies
E. Subspesies dan subspesies
Jawaban: B
Pembahasan: Tigris
pada kata pertama menjukkan spesies sedangkan yang kedua menunjukkan
subspesies.
2. Untuk memperoleh domba dengan inseminasi buatan,
dibutuhkan pemahaman dalam cabang biologi, yaitu...
A. Reproduksi
B. Fisiologi
C. Embriologi
D. Genetika
E. Biokimia
Jawaban: A
Pembahasan: Inseminasi
buatan merupakan hasil dari perkembangan teknologi pada sistem reproduksi.
3. Berikut ini yang bukan merupakan manfaat biologi dalam
bidang kedokteran adalah...
A. Menemukan vaksin
B. Memproduksi antibiotik
C. Menemukan antibodi
D. Teknik bayi tabung
E. Teknik hibridasi
Jawaban: E
Pembahasan: Teknik hibridasi merupakan manfaat dalam
bidang botani, karena bisa meningkatkan produksi pangan dengan diperolehnya
bibit unggul.
4. Seorang siswa akan meneliti pengaruh sinar matahari
terhadap pertumbuhan anak ayam. Dari kegiatan ini, yang tergolong variabel
bebas adalah...
A. Intensitas sinar matahari
B. Anak ayam
C. Pertumbuhan anak ayam
D. Pengaruh
E. Pertumbuhan
Jawaban: A
Pembahasan: Variabel bebas adalah variabel yang sengaja
dibuat berbeda untuk dilihat pengaruhnya.
5. Suatu kenyataan yang disertai bukti-bukti ilmiah dan
dapat dipertanggungjawabkan keberannya disebut..
A. Eksperimen
B. Fakta
C. Uji coba
D. Opini
E. Hipotesis
Jawaban: A
Pembahasan: Eksperimen merupakan suatu proses pembuktian
suatu dugaan dengan langkah-langkah yang sistematis dan dapat
dipertanggungjawabkan.
6. Salah satu metode pemecahan masalah biologi ialah dengan
metode ilmiah. Tahapan metode ilmiah yang benar adalah...
A. Merumuskan masalah --> mengumpulkan data --> menentukan hipotesis --> menguji hipotesis (eksperimen) --> menarik kesimpulan --> menguji kesimpulan
B. Menentukan hipotesis --> merumuskan masalah --> mengumpulkan data --> menguji hipotesis --> menarik kesimpulan --> menguji kesimpulan
C. Merumuskan masalah --> menentukan hipotesis --> mengumpulkan data --> menguji hipotesis --> menarik kesimpulan --> menguji kembali hipotesis
D. Merumuskan masalah --> menentukan hipotesis --> menguji hipotesis --> mengumpulkan data --> menarik kesimpulan --> menguji kembali kesimpulan
E. Menentukan hipotesis --> menguji hipotesis --> merumuskan masalah --> mengumpulkan data --> menarik kesimpulan --> menguji kembali kesimpulan
Jawaban: A
Pembahasan: Metode ilmiah biologi meliputi: (a)
mengindentifikasikan masalah (b) menyusun hipotesis (c) melakukan percobaan (3)
mengelola data (4) menarik kesimpulan (5) menguji kesimpulan
7. Salah satu upaya penangan masalah sampah dapat ditempuh
melalui rekayasa genetika untuk menghasilkan bakteri pendegradasi plastik.
Upaya tersebut melibatkan objekbiologi yang dikaji pada cabang ilmu dan tingkat organisasi
biologi...(Ujian Nasional 2013/2014)
A. Mikrobiologi –sel
B. Biokimia –molekul
C. Genetika –molekul
D. Mikrobiologi –ekosistem
E. Ekologi –komunitas
Jawaban: A
Pembahasan: Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang
mikroorganisme (contoh: bakteri) adalah mikrobiologi. Adapun objek penelitian
yang dipaparkan pada soal yaitu rekayasa genetika. Rekayasa genetika dapat
diartikan sebagai kegiatan untuk memanipulasi gen untuk mendapatkan produk baru
dengan cara membuat DNA rekombinan melalui penyisipan gen.
8. Bakteri adalah salah satu makhluk hidup tanpa membran
inti, berbeda dengan protoza yang memiliki membran inti. Perbedaan tersebut
dipelajari dalam permasalahan biologi tingkat..
A. Sel
B. Gen
C. Molekul
D. Jaringan
E. Sistem organ
Jawaban: A
Pembahasan: Sel
merupakan unit kehidupan terkecil makhluk hidup yang mencakup hal-hal penyusun
sel tersebut. Dalam soal ini, membran inti adalah salah satu komponen dari sel.
9. Kontribusi biologi dalam pemecahan masalah pangan antara
lain dapat dilakukan melalui teknik poliploidasi menggunakan kolkisin untuk
menghasilkan tanaman pangan unggul dengan produktivitas tinggi. Penelitian
untuk tujuan tersebut dilakukan terhadap objek tumbuhan dengan melibatkan
perpaduan cabang ilmu biologi... (Ujian Nasional 2013/2014)
A. Biokimia – Morfologi
B. Biokimia – Genetika
C. Sitologi – Anatomi
D. Genetika – Evolusi
E. Taksonomi – Evolusi
Jawaban: B
Pembahasan: Teknik
poliploidasi pada tanaman bertujuan menghasilkan tanaman pangan unggul dengan
produktivitas tinggi. Contoh tanaman poliploidisasi adalah semangka tanpa biji.
Biokimia merupakan cabang biologi yang mengkaji proses kimiawi dalam sistem
kehidupan. Adapun genetika merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji cara
pewarisan sifat pada makhluk hidup.
10. Penelitian terhadap xilem dan floem dikaji dalam ilmu
biologi yaitu...
A. Sitologi
B. Histologi
C. Mikologi
D. Organologi
E. Kinekologi
Jawaban: B
Pembahasan: Histologi
merupakan cabang biologi yang mengkaji jaringan pada makhluk hidup. Xilem dan
floem merupakan salah satu contoh dari jaringan tumbuhan.
11. Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penggolongan
makhluk hidup, yaitu...
A. Filogeni
B. Anatomi
C. Teratologi
D. Taksonomi
E. Histologi
Jawaban: D
Pembahasan: Ilmu
yang mempelajari penggolongan makhluk hidup disebut ilmu taksonomi.
12. Seorang siswa mengamati tanaman jeruk yang bunganya
sangat banyak. Ia mengatakan sebentar lagi pohon jeruk itu akan berubah banyak
pula. Pernyataan tersebut termasuk...
A. Observasi
B. Rumusan masalah
C. Kesimpulan
D. Penjelasan
E. Rumusan hipotesis
Jawaban: E
Pembahasan: Siswa tersebut telah melakukan rumusan
hipotesis karena telah menduga dari bunga yang banyak akan muncul buah yang
banyak.
13.
Berdasarkan jenis makanannya, hewan diatas mempunyai
kekerabatan yang dekat, yaitu ketiganya termasuk ordo..
A. Felidae
B. Chordata
C. Animalia
D. Mamalia
E. Carnivora
Jawaban: E
Pembahasan: Hewan tersebut adalah kucing dan memiliki
klasifikasi seperti berikut:
1. Kingdom : Animalia
2. Filum : Chordata
3. Kelas : Mamalia
4. Ordo : Carnivora
5. Famili : Felidae
6. Subfamili: Felinae
7. Genus : Felis
14. Pada proses pembentukan hormon insulin dengan rekayasa
genetika digunakan vektor berupa plasmid yang terdapat di dalam bakteri.
Peristiwa tersebut merupakan kajian biologi dalam bidang... (Prediksi 1,
Detik-detik Belajar Habis-habisan UN, Forum Genus Plus)
A. Sel
B. Molekul
C. Jaringan organ
D. Sistem organ
E. Organisme
Jawaban: B
Pembahasan: Plasmid adalah DNA yang dimiliki oleh bakteri
yang berbentuk molekul.
15. Banyaknya tanaman eceng gondok karena adanya penggunaan
pupuk berlebih pada suatu perairan menyebabkan banyak ikan mati. Penanganan
masalah tersebut melibatkan objek biologi dengan pendekatan cabang ilmu dan
tingkat organisasi biologi..(Prediksi 1, Detik-detik Belajar Habis-habisan UN,
Forum Genus Plus)
A. Ekologi – Populasi
B. Histologi – Populasi
C. Botani – Komunitas
D. Toksikologi – Invidivu
E. Mikrobiologi – Mikroorganisme
Jawaban: A
Pembahasan:
Ekologi merupakan ilmu yang mengkaji interaksi makhluk hidup dengan
linkungannya. Sedangkan populasi adalah kumpulan individu sejenis yang
menempati suatu daerah pada waktu tertentu.
0 comments:
Post a Comment